Home » » Pendidikan Politik dan Demokrasi Bagi Masyarakat Desa

Pendidikan Politik dan Demokrasi Bagi Masyarakat Desa

Written By Laboratorium Ilmu Politik Unsil on Selasa, 01 Maret 2011 | 8:58 AM

Pendidikan Politik dan Demokrasi Bagi Masyarakat Desa

Disusun Ulang Oleh :

TIM Labpol Unsil
 


Tasikmalaya, (VOT). Pendidikan politik terhadap warga desa merupakan salah satu alternatif proses demokratisasi di negara kita karena melalui cara inilah mereka menyadari bahwa demokrasi merupakan salah satu alat atau sarana yang efektif dan efesien bagi pewujudan kesejahteraan di setiap aspek kehidupan masyarakat desa.  Demikian yang disampaikan oleh Ketua Program Studi Ilmu Politik FISIP UNSIL, Akhmad Satori, S.IP., M.SI dalami Seminar dengan tema “Pendidikan Politik Bagi Masyarakat Desa” yang diadakan pada hari Kamis, 24 Februari 2011 di Balai Desa Cigunung Kecamatan Parung Ponteng Kabupaten Tasikmalaya. Acara ini di selenggarakan oleh Mahasiswa KKN Universitas Siliwangi Tasikmalaya yang merupakan salah satu program kerja KKN di desa tersebut.

Menurut Akhmad, Pemahaman yang keliru terhadap politik dalam masyarakat desa, menyebabkan rendahnya tingkat partisipasi politik di tingkat grassroot (desa), hal ini sangat rawan untuk dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan politik untuk memobilisasi masyarakat demi kepentingan mereka.  Selain itu sikap skeptik masyarakat desa yang menganggap bahwa politik diasumsikan dengan sesuatu yang kotor dan kejam dan perasaan bahwa politik bukan bidang mereka adalah faktor yang menghambat kemajuan masyarakat desa, baik secara ekonomi maupun sosial politik.

Oleh karenanya, Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang politik, dan akhirnya masyarakat dapat berpartisipasi dalam kegiatan politik secara maksimal, maka salah satu upaya adalah melalui Pendidikan politik, pendidikan politik bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan memaksimalkan peranan forum warga baik yang berbasiskan batas administratif seperti forum RT, RW, rembug desa; maupun yang berbasis pada kelembagaan dan komunitas seperti karang taruna, PKK, kelompok shalawatan, kelompok pengajian, kelompok tani, kelompok pedagang, kelompok peternak, dll. Semua forum warga ini bisa menjadi media efektif bagi upaya pendidikan politik warga desa. (Astor)

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Situs Labpol Universitas Siliwangi

Foto saya
Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
Merupakan salah satu lembaga pengkajian dan pengembangan di bidang Ilmu Politik di lingkungan FISIP Unsil. Situs ini merupakan situs resmi Labpol Unsil. Selamat membaca, semoga bermanfaat. Amin.
 
Support : Unsil | FISIP Unsil | Jurnal Unsil
Copyright © 2013. Situs Resmi Labpol FISIP Universitas Siliwangi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger