Home » » Survey Labpol : Aher Masih "Berjaya" di Tasikmalaya

Survey Labpol : Aher Masih "Berjaya" di Tasikmalaya

Written By Laboratorium Ilmu Politik Unsil on Selasa, 29 Januari 2013 | 12:49 PM

Laboratorium Ilmu Politik (Labpol) FISIP Universitas Siliwangi baru-baru ini menggelar Forum Diskusi Labpol dengan topik Pemilukada Jabar 2013. Dalam diskusi yang berlangsung Hari Jum’at, 11 Januari 2013 di Ruang Labpol ini dikaji peta kekuatan, figur dan popularitas calon serta prospek elektabilitas dan akseptabilitas calon yang sedang bersaing saat ini. Hal tersebut banyak disampaikan oleh Bapak Edi Kusmayadi, M.Si sebagai pembicara pertama.

Digital Camera

Selain mengkaji hal tersebut, juga dipaparkan hasil Survey Pemilukada Jabar 2013 di Kota Tasikmalaya oleh Ketua Divisi Politik Lokal sekaligus ketua tim survey Labpol, Hendra Gunawan, M.Si. Diskusi yang dipandu oleh Ketua Laboratorium Subhan Agung, M.A. ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen FISIP Unsil, BEM di lingkungan Universitas Siliwangi, pers, perwakilan partai atau anggota DPRD Kota dan sebagian Ormas di Kota Tasikmalaya. Proses diskusi cukup dinamis dengan feedback yang antusias dari peserta diskusi.
Survey yang mengambil 400 sampel responden ini menggunakan gabungan metode multi stage random sampling dan simple random sampling yang dilakukan di 10 kecamatan dengan sampling error 5%. Survey ini berkesimpulan bahwa :
  • Hampir 95% masyarakat sudah mengetahui akan diselenggarakannya pemilukada Gubernur 2013.
  • Balon yang diperkirakan akan bersaing ketat adalah Ahmad Heryawan dan Dede Yusuf diikuti dengan Rieke Diah Pitaloka.
  • Calon Wakil Gubernur Paling Populer adalah Dedi Mizwar (54%),Tatang (20%), Teten dan Leksamana (9%), Cecep (4%)
  • Pasangan Aher-Dedi Mizwar Unggul dari semua basis dukungan yang meliputi buruh, wiraswasta, ibu rumah Tangga dan PNS
  • Basis dukungan berdasarkan Usia yang mendukung DedeYusuf, terbanyak di Usia 17-21 tahun
  • Basis dukungan berdasarkan usia yang mendukung Aher, terbanyak di Usia 22-40 Tahun
  • Dede Yusuf Unggul dari Basis dukungan  dengan tingkat pendidikan SMP dengan dukungan 31.6%
  • Aher Unggul dari Basis dukungan dengan tingkat pendidikan SMA/SMK dengan tingkat  dukungan 40%
  • Pasangan yang diperkirakan akan unggul adalah Ahmad Heryawan dan Dedi Mizwar kemudian diikuti dengan pasangan Dedi Yusuf dan Lex Laksamana disusul dengan pasangan Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki . Diurutan keempat pasangan Irianto dan Tatang dan terakhir adalah Pasangan Dikdik dan Cecep
Bagaimana pun juga survey ilmiah indepeden ini hanya sekedar gambaran sementara yang setiap saat akan selalu berubah sesuai dengan konstelasi politik yang berkembang di Kota Tasikmalaya. Survey ini memang menjamin kebenaran sampai 95%  di saat dilakukannya survai (pertengahan Desember 2012-2 Januari 2013), namun ke depannya belum tentu statis. Hal ini terjadi karena perilaku politik masyarakat dengan cepat juga berubahnya. Semoga bermanfaat, dan bagi mereka yang membutuhkan hasil survey secara lengkap silahkan menghubungi pusat data base Laboratorium Ilmu Politik FISIP Universitas Siliwangi Tasikmalaya. (sa).
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Situs Labpol Universitas Siliwangi

Foto saya
Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
Merupakan salah satu lembaga pengkajian dan pengembangan di bidang Ilmu Politik di lingkungan FISIP Unsil. Situs ini merupakan situs resmi Labpol Unsil. Selamat membaca, semoga bermanfaat. Amin.
 
Support : Unsil | FISIP Unsil | Jurnal Unsil
Copyright © 2013. Situs Resmi Labpol FISIP Universitas Siliwangi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger