Home » » Laporan Kegiatan Laboratorium

Laporan Kegiatan Laboratorium

Written By Laboratorium Ilmu Politik Unsil on Jumat, 12 Oktober 2012 | 9:28 AM

Laporan Kegiatan Laboratorium Ilmu Politik
FISIP Universitas Siliwangi (November 2010- September 2012)

Assalamu’alaikum wr.wb.
Laboratorium Ilmu Politik setelah dibentuk sejak akhir tahun 2010 memiliki Program Kerja sebagai berikut :

Diskusi Focus Groups Discussion antar Kluster. Setiap kluster menyusun garis besar kajiannya masing-masing dan mendiskusikannya di kelompok masing-masing untuk disempurnakan kembali lebih tajam dalam Diskusi Dosen. Waktunya fleksibel tergantung kebijakan koordinator divisi masing-masing kluster. Diskusi Dosen, diskusi ini akan dilaksanakan minggu pertama setiap dua bulan sekali. Tema-tema yang dibahas dalam diskusi ini akan disusun berdasarkan tiga kluster di atas. Tema-tema tersebut diatas akan dibahas lembali disetiap jadwal diskusi secara bergiliran di antara masing-masing kluster yang sebelumnya sudah dikaji. Pemateri dari masing-masing kluster sebelumnya sudah mempersiapkan hasil diskusi kecilnya (semisal FGD), bahan dapat berupa tulisan makalah biasa, hasil penelitian ataupun pengamatan studi kasus tertentu. Mekanisme diskusinya bersifat cair tidak memakai moderator. Pesertanya semua dosen Prodi Ilmu Politik Universitas Siliwangi. Hasil diskusi ditulis oleh notulensi untuk bahan kajian lanjutan atau publikasi. Diskusi ini pelaksanaannya langsung dikoordinasi oleh ketua Laboratorium Ilmu Politik (laboran). 

Kuliah Umum (Stadium General), diskusi ini akan diadakan maksimal 6 bulan sekali, kalau memungkinkan 2 bulan sebelum Jurnal Ilmu Politik FISIP Universitas Siliwangi diterbitkan. Materi diskusi publik disesuaikan dengan tema jurnal, sehingga mendapatkan banyak masukan kajian dari berbagai pihak dan kaya akan perspektif. Tema yang dikedepankan dalam ruang lingkup kajian politik terutama terkait dengan local-contain Tasikmalaya. Peserta yang diundang semua unsur masyarakat dan pemerintah. Mekanismenya diskusinya dipimpin moderator dengan menghadirkan pembicara yang kompeten dari berbagai latar belakang yang sesuai materi dan tema diskusi. Diskusi publik ini dalam pelaksanaannya dibentuk kepanitiaan yang diangkat langsung oleh Dekan FISIP Universitas Siliwangi. 

Penerbitan Jurnal Aliansi sekarang Menjadi JIPP, jurnal Aliansi ini sebenarnya sudah berjalan dan terbit sebanyak 4 kali, namun selama ini pengelolaannya tidak berada di bawah laboratorium. Dengan adanya laboratorium ini diharapkan hasil-hasil kajian, baik dalam diskusi dosen, maupun diskusi publik bisa meningkatkan kualitas kajian dalam jurnal. Upaya ini sebagai bagian dari proses mencapai akreditasi jurnal ilmiah yang menjadi kebutuhan saat ini. Dalam pelaksanaannya penerbitan jurnal dibentuk dewan redaksi yang merangkap dengan anggora diskusi dosen seperti yang dimaksudkan di atas. 

Forum Kajian Mahasiswa, forum Kajian ini dilaksanakan oleh BEM FISIP Universitas Siliwangi yang masih dalam lingkup laboratorium Ilmu Politik. Waktu dan pelaksanaannya disesuaikan dengan program BEM FISIP. 

Training Metodologi Penelitian Politik, training ini akan dilaksanakan 1 kali dalam setahun. Pesertanya mahasiswa dan staf pengajar di lingkungan civitas akademika FISIP dengan menghadirkan fasilitator dan trainer yang handal dan ahli di bidang metodologi penelitian politik.

Diantara program tersebut sebagian besar dapat diselanggarakan, dan beberapa kegiatan belum dilaksanakan karena kendala tertentu seperti training metodologi politik. Namun rencananya Lab akan melakasanakan kegiatan tersebut di pertengahan tahun 2012. Diantara kegiatan yang telah dilaksananakan sampai bulan ini adalah : 

Review Diskusi Bedah Film Globalisasi, kegiatan diskusi yang dilaksanakan pada Hari Jum'at, 18 Maret 2011 ini sebagai upaya mengkaji dan membongkar wacana seputar latar belakang munculnya globalisasi (historisasi dari globalisasi), fase-fase perkembangan globalisasi (liberalisme, neo-liberalisme, kapitalisme dan globalisasi) dan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan manusia. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa Ilmu Politik dan dosen-dosen Ilmu Politik Universitas Siliwangi. Pembicara  dalam diskusi Bedah film ini adalah Taufik Nurohman, S.IP (Dosen Ilmu Politik FISIP Universitas Siliwangi Tasikmalaya yang juga sekretaris Labpol Unsil) dan Akhmad Satori, M.Si (Ketua Jurusan Ilmu Politik Universitas Siliwangi).

Diskusi tentang Demokrasi : Kelebihan dan Kelemahannya. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk diskusi FGD yang diikuti oleh mahasiswa dan dosen di lingkungan Universitas Siliwangi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2011 dengan menghadirkan pembicara Bapak Ahmad Rofik, S.Sos (Dosen Ilmu Politik FISIP Universitas Jenderal Soedirman).

Diskusi Pemilukada Kota Tasikmalaya Labpol FISIP Universitas Siliwang. Divisi Politik Lokal Laboratorium Ilmu Politik FISIP Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya Hari Rabu, 26 Oktober 2011 menggelar diskusi Focus Groups Discussion dengan tema " Dinamika Politik Lokal dan Prospek Pemilukada Kota Tasikmalaya 2012". Kegiatan ini dihadiri oleh divisi-divisi dalam Labpol yang terdiri dari dosen-dosen dan mahasiwa-mahasiswa Ilmu Politik FISIP Unsil. Kegiatan ini menghadirkan pembicara Drs. Edi Kusmayadi, M.Si (Pembantu Dekan I FISIP Unsil) dan Bapak Dadih Abdulhadi, M.Si (Koordinator Tasikmalaya Corruption Wacth). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat basis pemahaman dosen dan mahasiswa dalam memahami politik lokal di Tasikmalaya. Diskusi ini juga menggali peta kekuatan calon dalam Pemilukada Kota Tasik, peluang independen dalam kontestasi, prospek partisipasi politik, peluang Golput, dan prospek "kemajuan" Tasikmalaya pasca Pemilukada melihat dari kondisi saat itu dan peta kekuatan yang muncul.  

Forum Focus Groups Discussion Laboratorium Ilmu Politik Fisip-Unsil: Kajian Politik Prosedural: Wajah Demokrasi Indonesia, Antara Idealitas dan Fakta. Dalam kegiatan Laboratorium ini, terjadi proses pengujian teori-teori demokrasi yang dipelajari oleh mahasiswa diruang kelas dengan fakta yang terjadi. Salah satu objek kajiannya adalah sebuah film dari Demos, sebuah LSM yang aktif dalam kajian-kajian demokrasi dan HAM. Format diskusi ini menitik beratkan pada intensitas komunikasi interaktif antar mahasiswa dan dosen hanya sebagai fasilitator. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk diskusi, pada hari Jumat, 25 Februari 2012.  

Diskusi FGD : Studi Kritis UU Pemilu No.8/2012. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FISIP) bekerja sama dengan Labpol FISIP Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Jum’at, 15 Juni 2012 pukul 13.00 menyelenggarakan Diskusi Tinjauan Kritis UU Pemilu Baru dalam Menghasilkan Pemilu Berkualitas.  Diskusi ini dihadiri oleh sejumlah mahasiswa FISIP, sebagian pengurus BEM di lingkungan Universitas Siliwangi dan beberapa dosen FISIP Unsil. Diskusi ini menghadirkan pembicara Pengajar Kajian Parpol dan Pemilu  yang juga Ketua Laboratorium Politik FISIP, Subhan Agung dan Ketua Program Studi Ilmu Politik FISIP Unsil Bapak Akhmad Satori, M.SI. Diskusi ini diawali dengan pemaparan materi kajian dari pemateri dan Dosen Bapak Taufik Nurohman yang melengkapi pemaparan dari kedua pemateri sebelumnya. 

Stadium General Laboratorium FISIP Universitas Siliwangi. Laboratorium Ilmu Politik FISIP Universitas Siliwangi (Labpol FISIP Unsil) Tasikmalaya bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FISIP Unsil), Hari Kamis, 27 September 2012 akan menyelenggarakan kegiatan stadium general bertema Politik dan Birokrasi dalam Mewujudkan Good Governance. Kegiatan ini menghadirkan penyaji Bapak DR. Hari Waluyo Sedjati, M.Si (Dosen Senior) Kopertis Wilayah V (Yogyakarta) dan akan di moderatori oleh Subhan Agung. M.A (Ketua Labpol FISIP). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan FISIP Universitas Siliwangi, Prof. Deden Mulyana, M.Si dan dihadiri oleh dosen dan mahasiswa FISIP serta organ-organ lain di lingkungan Universitas Siliwangi.

Mengawal diskusi-diskusi yang dilaksnakan oleh BEM dan menjadi pemateri dalam  setiap diskusi tersebut. Selain itu juga mengkaji materi-materi dalam jurnal aliansi yang sekarang kemudian berubah nama menjadi JIPP.

Demikian laporan ini dibuat sebagai gambaran bagi pimpinan tentang perkembangan Laboratorium Ilmu Politik selama ini. Terima kasih. Wassalam.



                                                                                   Tasikmalaya, 02 Oktober 2012
                                                                                     Ketua Laboratorium Ilmu Politik
                                                                              FISIP Universitas Siliwangi 

                                                                Subhan Agung
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Situs Labpol Universitas Siliwangi

Foto saya
Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
Merupakan salah satu lembaga pengkajian dan pengembangan di bidang Ilmu Politik di lingkungan FISIP Unsil. Situs ini merupakan situs resmi Labpol Unsil. Selamat membaca, semoga bermanfaat. Amin.
 
Support : Unsil | FISIP Unsil | Jurnal Unsil
Copyright © 2013. Situs Resmi Labpol FISIP Universitas Siliwangi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger