Home » » Seminar dan Sosialisasi Pemilukada Kota Tasikmalaya 2012

Seminar dan Sosialisasi Pemilukada Kota Tasikmalaya 2012

Written By Laboratorium Ilmu Politik Unsil on Sabtu, 14 April 2012 | 9:00 AM

Mega.subhanagung.net. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM FISIP) Universitas Siliwangi kerja sama dengan KPUD Kota Tasikmalaya hari ini, Kamis, 12 April 2012 menyelenggarakan Seminar Pendidikan Politik dan Sosialisasi Pemilukada Kota Tasikmalaya Juli 2012 mendatang. Acara yang dibuka oleh Dekan FISIP Prof. DR Deden Mulyana, M.Si ini digelar di Gedung Rektorat Lantai 2 Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Acara ini dihadiri oleh Pembantu Dekan FISIP (Edi Kusmayadi, M.Si), Ketua Program Studi Ilmu Politik Bapak Akhmad Satori, M.Si, sejumlah dosen FISIP Unsil, mahasiswa di lingkungan Universitas Siliwangi dan perwakilan siswa dari SMA di sekitar Kota Tasikmalaya, dan wartawan. Pembicara-pembicaranya adalah Bapak Yusuf (Anggota KPUD Kota Tasikmalaya), Bapak Endang Rusyanto (Ketua Konsorsium Pemuda Tasikmalaya) dan Subhan Agung (Pengajar Ilmu Politik FISIP Universitas Siliwangi).

Pembicara pertama, Bapak Yusup sebagai wakil dari KPUD memberikan pemahaman dan informasi tentang tata cara berpartisipasi politik dalam Pemilukada besok. Beliau menjelaskan banyak tentang tetek bengek pelaksanaan pemilukada dari mulai aturan, konsep, teknis dan evaluasi Pemilukada. Sedangkan pembicara kedua (Endang Rusyanto) lebih menjelaskan pada pemahaman akan pentingnya partisipasi kaum muda dalam Pemilukada besok. Sebagai perwakilan dari akademisi (Subhan Agung) lebih menjelaskan konsep-konsep urgensi Pemilukada Langsung dalam pencapaian kualitas berdemokrasi.

Berpartisipasi dalam Pemilukada langsung merupakan salah satu kunci dalam negara demokrasi, karena suara rakyat penentu legitimasi penguasa. Walaupun Indonesia merupakan salah satu model negara yang tidak melarang Golput, namun kualitas demokrasi (legitimasi) akan sangat ditentukan besar atau tidaknya tingkat partisipasi masyarakat (the mass) dalam memberikan suara dalam proses Pemilukada tersebut. Jika sebagian besar warga negara tidak memberikan suaranya legitimasi hasil Pemilukada dipertanyakan, bahkan di beberapa negara Pemilu dapat dinyatakan gagal.

Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang besar, terutama pendidikan politik bagi pemilih pemula. Dibawah ini sebagian visual gallery kegiatan tersebut :













Sumber Gambar :
Dokumentasi Panitia Seminar dan Sosialisasi Pemilukada

Sumber Berita : Pasir Gadog
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Situs Labpol Universitas Siliwangi

Foto saya
Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
Merupakan salah satu lembaga pengkajian dan pengembangan di bidang Ilmu Politik di lingkungan FISIP Unsil. Situs ini merupakan situs resmi Labpol Unsil. Selamat membaca, semoga bermanfaat. Amin.
 
Support : Unsil | FISIP Unsil | Jurnal Unsil
Copyright © 2013. Situs Resmi Labpol FISIP Universitas Siliwangi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger